Image and video hosting by TinyPic

MENGENAL TEKNOLOGI WIRELESS DAN WI-FI

Sabtu, 05 Juni 2010 , Posted by Rahmat at 08.43

Sumber artikel : -http://rahmattehnik.blogspot.com/

Hai rekan tehnik lama tak jumpa apa kabarmu? yang pastinya lagi segar bugar (so pasti donk ).
Kamu pasti sering mendengar atau pernah mendengar kata Wireless,tapi apakah Wireless itu ?.
Wireless identik dengan dunia tanpa kabel . Jaringan wireless menggunakan gelombang radio ( Radio Frequency/RF) atau gelombang mikro untuk melakukan komunikasi antar perangkat . Kita menonton acara pada salah satu stasiun televisi misalnya, kita tidak perlu menyambungkan kabel ke statsiun televisi tersebut yang jaraknya kiloan meter dari rumah kita . Cukup dengan menyetel frekuensi channel pada pesawat tv kita sesuai dengan channel frekuensi stasiun televisi tersebut .Begitu juga dengan siaran Radio, Handy Talky, Handphone dan masih bnyak lainnya ,perangkat-perangkat ini saling berhubungan menggunakan frekuensi RF sebagai pengganti kabel .
  Media lainnya yang menggantikan kabel sebagai sarana pertukan data adalah IrDA (Infrared Data Association) juga Bluetooth yang banyak diterapkan pada perngkat handphone dan  laptop . Para penggun handphone tidak perlu repot-repot lagi menggunakan kabel untuk saling berbagi file cukup hanya menggunakan teknologi IrDA dan Bluetooth . Inilah kecanggihan teknologi dan para pakar menamakan kedua teknologi ini dalam golongan jaringan PAN (Personal Area Network) jaringan yang memiliki keterbatasan jarak tempuh .
  Jaringan wireless semakin berkembang seiring perkembangan teknologi yang semakin maju . Dalam dunia komputer untuk menghubungkan perangkat komputer dalam jaringan selain menggunakan kabel sebagai media penghubung , kini sudah mulai lazim dipakai gelombang radio RF sebagai media penghubung antar komputer dalam jaringan .Teknologi wireless ini ditujukan untuk menggantikan kabel UTP yang selama ini digunakan . Konsep ini dikenal dengan nama WLAN (Wireless Local Area Network) yaitu jaringan komputer yang berukuran kecil sampai menengah yang terletak dalam area yang sama bahkan dalam gedung atau bangunan yang sama .
  Jaringan WLAN mempunyai keuntungan dan kerugian dibanding jaringan berbasis kabel . Keuntungannya jaringan WLAN adalah sangat praktis karena tidak membutuhkan penataan kabel , kerugiannya adalah jaringan WLAN sangat terpengaruh oleh kondisi cuaca , halangan tembok gedung , pepohonan dan perbukitan .
   Teknologi dalam kelompok WLAN yang populer adalah WI-FI( Wireless Fideliy )
WI-FI adalah organisasi yang dibentuk untuk memastikan semua perangkat WLAN yang berlebel WI-FI bisa saling bekerja sama dengan baik sehingga memudahkan para konsumen menggunakan prodiknya . Organisasi WI-FI membuat peralatan berdasarkan spesifikasi yang telah ditetapkan oleh IEEE ( Institute of Electrical & Electronics Engineers) sebuah organisasi yang mengatur beberapa standart dalam jaringan lokal dengan menggunakan media kabel atau jaringan wireless .
Untuk belajar lebih banyak tentang teknologi wi-fi kamu bisa bertamu ke alamat ini :

* id.wikipedia.org/wiki/Wi-Fi
* http://en.wikipedia.org/wiki/Wi-Fi

Currently have 0 komentar: