Image and video hosting by TinyPic

Menghidupkan Lampu Kamar Dengan Remote Control

Sabtu, 26 Juni 2010 , Posted by Rahmat at 23.25

Sumber artikel : -http://rahmattehnik.blogspot.com/


  Artikel ini aku tulis buat kamu-kamu rekan tehnik yang senang utak atik perangkat elektronik dan yang gemar dengan hal-hal yang unik dalam dunia elektronik . Kali ini om Matt mengajak kamu merakit suatu alat Receiver (penerima) signal infrared remote control untuk kita gunakan menghidupkan dan memadamkan lampu di kamar kita tanpa harus menggunakan saklar yang sering kita lakukan .
   Sebenarnya rangkaian receiver infrared ini hasil modifikasi aku yang waktu itu mendapat tugas amanah dari beberapa orang mahasisiwa tehnik yang ada di kota Makassar untuk membuat beberapa alat pengontrolan elektronik .

Rangkaian penerima infrared ini sangat sederhana dan mudah cara membuatnya juga komponen - komponennya banyak kita dapatkan di toko elektronik . Nah rekan tehnik mau tahu caranya , lihat gambar rangkaian receiver remote di bawah ini .
 
                
    Rangkaian Receiver Remote Control




Daftar Komponen :
  1. R1 = 220K .                        16. C5 = 1mF.
  2. R2 = 470K.                         17. C6 = 100mF .
  3. R3 = 33K .                          18. PT = Photo Transistor PT-500 .
  4. R4 = 180K.                         19. T1 - T4 = CS9014 .             
  5. R5 = 47K.                           20. T5 = CS9013 .
  6. R6 = 22K.                           21. D1 = 1N4148 .
  7. R7 = 180K.                         22. D2 = 1N4002 .
  8. R8 = 470 ohm .                    23. IC = SN7473 .
  9. R9 = 47K.                           24. RELAY = 6V DC .
  10. R10 = 560 ohm.                  25.  Lampu Pijar AC 220V = Watt-nya terserah kamu .
  11. R11 = 6,8K .
  12. C1 = 4,7KpF .
  13. C2 = 10KpF .
  14. C3 = 33KpF.
  15. C4 = 10mF.


Cara merakit :

 Siapkan semua komponen dan papan PCB bolong yang dapat kamu beli di toko elektronika , setelah semua lengkap pertama-tama pasanglah komponen resistro terlebih dulu kemudian kapasitor ingat untuk Elco jangan samapai terbalik polarisasinya , setelah semuanya kamu solder dengan baik lalu pasang komponen Dioda , Transistor , Photo Transisitor dan IC SN7473 ingat jangan sampai terbalik kaki(pin) transistor dan IC nya .

 Solderlah semua komponen dan satukan menurut rangkaian pada setiap kaki komponen dengan menggunakan kabel kecil yang telah kamu persiapkan dan terakhir pasanglah RELAY 6V DC   .
Pada kaki pin1 dan pin2 SW output dari relay sambungkan ke lampu TL AC 220V, ingat jangan sampai kamu salah pemasangan ikuti petunjuk gambar rangkaian di atas .

 Oke rekan tehnik setelah semua komponen terpasang dengan benar, berilah tegangan supply DC 12V untuk rangkaian yang baru kita buat tadi dan untuk menguji apakah rangkaian bekerja dengan baik gunakan remote control apasaja (bisa remote tv broo...) , jika rangkaian kita normal maka akan terdengar suara saklar relay yang aktif .Setelah rangkain telah aktif sambungkan stop kontak kabel lampu TL AC 220V pada jala-jala PLN dan tekan salah satu tombol pada remote control kemudian lihat hasilnya lampu TL akan menyala sesuai dengan intruksi dari remote control , bila ingin memadamkan lampu tekanlah sekali lagi tombol yang ada pada remote control maka otomatis lampu akan padam .Asyikkan menggunakan rangkaian ini ?, tidak usah repot-repot lagi cari saklar yang nempel di dinding ,kamu tinggal gunakan remote control untuk memadamkan lampu sambil tiduran .

Buruan buatnya jangan sampai ketinggalan broo...,dan tunggu artikel om Matt selanjutnya .

Salam kompak dan sukses selalu .

Currently have 38 komentar:

  1. riobigbassic says:

    mas tolong aku buatkan lay out pcb nya ,penting mas untuk tugas ujian praktek saya,tolong ya mas buatkan lay out nya,di kirim aja ke alamat email saya riobigcool@gmail.com

  1. Rahmat says:

    Buat mas Rio makasihh sudah mampir dan insya Allah saya akan buatkan lay outnya, tunggu yach ...
    Salam kompak dan sukses slalu .

  1. riobigbassic says:

    alkhamdulilah, terima kasih mas rahmat,karena rangkaian ini sangat penting karena untuk menempuh ujian praktek sekolah,dan untuk percobaan saya sendiri,kalau sudah dikirim lewat email saya ya,terimakasih yg sebesar2nya

  1. riobigbassic says:

    assalamualaikum ,mas lay outnya udah di buat apa blm,besok ygl 21 mau saya pakai,kalau udah di kirim via email saya ya,maaf jika merepotkan mas rahmat,wassalamualaikum wr.wb

  1. riobigbassic says:

    assalamualaikum ,mas lay outnya udah di buat apa blm,besok ygl 21 mau saya pakai,kalau udah di kirim via email saya ya,maaf jika merepotkan mas rahmat,wassalamualaikum wr.wb

  1. Unknown says:

    Om aku juga mau layout pcbnya, aku bingung gimana cara memasang icnya.
    kirim ke E-Mail saya
    ridhoprasakti@gmail.com
    Maaf jika menggangu

  1. Unknown says:
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  1. Unknown says:

    Mas ak bolh minta lay out PCB'nya...??
    tolong dong kirim k email saya...
    dreamonight@gmail.com
    terima kasih mas..

  1. anjusitorus says:

    mas tolong kirimin gambar n foto merangkainya donk...... q pngen blajar nie...
    tlng kirim ke email saya ja y mas....
    bmandoge@yahoo.co.id

  1. Unknown says:

    Terimakasih banget, ini sangat membantu terutama bagi yg msh pemula.....klo berkenan cara merakit Finger Print dong...
    Trims, SUKSES Slalu...........

  1. awalin says:

    om mat, saya sangat tertarik dengan elektronika, dan saya sangat ingin membuat rangkaian yang om jelaskan diatas, tapi masalahnya, saya bukan orang elektronika, jadi saya benar2 tidak tau dengan yang om jelaskan diatas, apakah om bersedia membantu saya?? saya sangat ingin belajar,
    saya tunggu jawabannya di email saya : awalin.df@gmail.com

  1. Ika 2591 says:

    om,kaki IC nya kaki yg mana di pakai ..
    soalnya gmbarnya gk jelas om,mklum sya msih newbie dngan dunia elektronika...

  1. Halo om nama saya ronny dan saya tertarik dng artikel om..cm saya awam dng elektronika om..kl boleh om layoutnya di upload ke salah satu server om biar om gak susah2 krm satu2 om..trs saya mau tanya om apakah rangkaian ini bisa untuk menyalakam beberapa lampu sekaligus om??
    Makasih atas artikelnya om..mohon bantuannya ya om
    Thanks 4 all
    Ronny

  1. Halo om nama saya ronny dan saya tertarik dng artikel om..cm saya awam dng elektronika om..kl boleh om layoutnya di upload ke salah satu server om biar om gak susah2 krm satu2 om..trs saya mau tanya om apakah rangkaian ini bisa untuk menyalakam beberapa lampu sekaligus om??
    Makasih atas artikelnya om..mohon bantuannya ya om
    Thanks 4 all
    Ronny

  1. Arielz Mind says:

    mas,, kalo buat arus DC bisa ga...???
    truz harus ganti apanya klo bwt arus DC....??? trimakasih,,, :)

  1. Abd. Rohim says:

    bang rahmat, mau tanya, cara kerja rangkaian dari T2 sampai IC nya gmna bang?
    trus fungsi dari IC SN 7473 itu sebagai apa? bukannya IC itu IC JK flip flop bang? tapi knapa pin J sama K nya di don't care?
    terima kasih bang mohon balasannya dan penjelasannya...

  1. kmte2011 says:

    bang itu di vcc, ground,dan Q udah jelas!!

    TAPI, yang satu lagi itu apaya, apa untuk detak clocknya berarti kaki 1clk dunk??????

  1. saya mau tanya mas,,, tombol remot yang di tekan untuk on/off tersebut apakah dengan tombol yang sama??
    balas.

  1. Teguhw1st says:

    Assalamu'alaiku.,.,
    bos bisa minta tlng minta lay out pcb nya ,penting mas untuk pembelajaran,tolong ya mas minta layoutnya,di kirim aja ke alamat email saya teguhw1st@ymail.com.,.
    terima kasi maz.,.,.,
    moga mnjadi blog yg bermanfaat.,. :)

  1. mas rahmat, saya mau nanya, rangkaian yg mas rahmat postingkan udah saya buat, dan ketika saya pencet tombol di remote tv relay sih bunyi, tapi knp ketika saya lepas pencetan tombolnya relaynya bunyi lagi mas (balik ke kondisi awal), itu knp mas? mohon koreksiannya. sebelumnya terima kasih mas

  1. Unknown says:

    MAS RAHMAT, TOLONG SAYA MINTA DIAGRAM RANGKAIAN, LAYOUT PCB DAN DAFTAR KOMPONENNYA..
    SAYA BUTUH BANGET BUAT TUGAS PRAKTEK SAYA.
    BISA DIKIRIMKAN KE EMAIL SAYA
    obots_beghenk@yahoo.co.id
    terimakasih.

  1. Unknown says:

    mas makasih ya artikelnya klu ada yg menggunakan remote wireles yg tetap pungsi pada saat saya diatas tangga atas genteng yg terhalang dinding atau atap rumah ini saya butuhkan ketika sedang cuci ac untuk on/of mesin pompanya..

  1. Unknown says:

    atw kirim ke email saya ke AH.ZA76@yahoo.co.id

  1. Unknown says:

    infonya sangat menarik mas rahmat,,kalau bisa apa yg sudah mas rahmat pelajari bisa menjadi sumber pemasukan buat mas..dalam artian dangan cara itu bisa dijadikan sebuah bisnis,,

  1. minta, layoutx jga donk..
    taufiqulkhaliqnurdin@yahoo.co.id

  1. sukma says:

    saya mau pesan dibuatkan...hub. fb saya...sukma riamansyah
    email:syahsukma@gmail.com

  1. Mas, rahmat ada layou rangkayan PCB nya gak buat rangkayan lampu ini..?
    klo ada mohon bangt krimin ke saya..
    saya kurang paham mendisain pCb nya..
    tolong mas kirim ke Ramadonim@gmail.com

  1. ass mas boleh minta layout pcbnya? abdulwahideind@gmail.com terimakasih salam kenal.

  1. ALARM PINTU says:

    alrm pintu keamanan,sensor magnet,sudah pakai remote,BUKAN BEL PINTU MASUK.
    klik di www.alarm-pintu.blogspot.com
    call / SMS :085749626070

  1. Unknown says:

    gan kirimin gambar layout PCB....

    e-mail gw ==>>>> danzomiasa@gmail.com

  1. Unknown says:

    gan minta gambar layout PCB nya
    kirim di e-mail gw : danzomiasa@gmail.com

  1. Unknown says:

    itu kaki ICnya satunya kaki nomor berapa?? harap balas segera, terima kasih sebelumnya

  1. Berbagi says:

    KK Boleh minta layout nya g.....?

  1. bitcoin says:

    Minta Layout nya dong..

  1. Unknown says:

    mas...bsa mntak layout PCB nya gak mas,,,,,saol nya saya krang paham gmna membaca rangkaian nya masa,,,,
    terima ksh,,,,
    ne eamil saya mas,,,, fadelmuhammad443@yahoo.co.id

  1. Unknown says:

    selamat merayakan hari raya idulfitri mas saya ucapkan dari pulau sumba, NTT dan terima kasih atas dimuatnya cara Menghidupkan Lampu Kamar Dengan Remote Control untuk itu mas saya sekali lagi saya ucapkan terima kasih yg terhingga, kebetulan sekolah saya mau buat saklar dengan control remote dalam ruang kelas. mohon maaf mas saya butuh infonya apakah saklar yang di kita lempel di diding tidak perlu lagi kita gunakan atau tanpa menggunakan jika kita menggunaka saklar remote, mohon petunjuknya mas....

  1. Unknown says:

    salam kenal mas saya enos umbu kaleka, asal dari sumba provinsi NTT
    email enosumbukaleka01@gmail.com.

  1. Unknown says:

    mohon maaf mas email saya tadi salah yng seharusnya enosumbukaleka0@gmail.com.