Image and video hosting by TinyPic

Cara Kerja Original Size Detection Circuit

Sabtu, 04 Juni 2011 , Posted by Rahmat at 08.21


  Sumber artikel : -http://rahmattehnik.blogspot.com/


 Artikel yang ada di situs ini membantu anda dalam permasalahan teknis seputar
  mesin fotocopy .
 Oke rekan tehnik artikel kali ini membahas bagaimana cara mesin copier canon atau mesin copier lainnya secara auto membaca/mendeteksi ukuran kertas original(dokumen asli) yang kita letakkan di atas kaca copyboard . Lantas muncul pertanyaan kenapa kita harus mengetahui bagaiman cara sistem ini bekerja ?, ya sengaja om Matt menulis artikel ini karena ada beberapa teman tehnik bertanya masalah hasil copy yang tidak tepat ukuran terpotong (masalah margin). Nah harapannya setelah membaca artikel ini , masalah tersebut bisa segera diatasi .

Semua mesin copier memiliki suatu sistem yang berfungsi mendeteksi ukuran kertas dokumen asli yand dikenal dengan Original Detecting Circuit, yang mana sirkit ini membaca jenis ukuran kertas dokumen asli yang kita letakkan di atas kaca copyboard (kaca dokumen) .Selanjutnya sistem ini akan mengirim informasi data ke processor mainboard untuk mengktifkan beberapa sistem yang ada pada mesin copier untuk siap proses copy sesuai data ukuran kertas dokumen asli .
Demikian halnya dengan mesin copier canon juga memiliki Original Detecting Circuit, sebanyak empat sirkit sensor pendeteksian ukuran kertas original terletak di bawah copyboard gelas/kaca, dan output dari tiap-tiap sensor ini diatur oleh DC Controller PCB, lihat gambar di bawah ini .

                                                           AB Size (Spesifikasi Eropa)






                                                     INCH Size (Spesifikasi Nort Amerika)


Ketika tutup atas copyboard tertutup, sensor-sensor ini mengidentifikasi ukuran kertas dokumen asli (original size) di atas copyboard apakah itu ukuran A3, B4, A4, atau B5. Masing-masing Original Detection Circuit
menggunakan LED untuk memancarkan cahaya ke permukaan dokumen asli dan sebuah phototransistor
untuk mendeteksi cahaya yang dipantulkan dari dokumen alsi untuk output pada DC controller PCB.

DC Controller PCB mengukur output dari Original Detecting Circuit selama 15 detik setelah penutupan
copyboard cover menyalakan copyboard cover sensor open/closed ( PS5) atau berselang-seling 0.2 detik sampai tombol Start Copy ditekan.

Saat sensor mendeteksi ukuran kertas dokumen asli,cahaya yang dipantulkan ke dokumen asli diterima oleh
original detection circuit sedemikian sehingga output dari detection circuit lebih spesifik dengan mengabaikan sudut copyboard cover.



Nah rekan tehnik lewat artikel yang sedikit ini kamu sudah tahu tentang cara mesin copier mendeteksi jenis ukuran kertas dokumen asli (original size), jadi masalah hasil copian yang kadang terpotong atau tidak ter-arsir semua ini dikarenakan masalah pembacaan dokumen asli oleh sensor original detection circuit .
Dan biasanya selama pengalaman dilapangan, salah satu cara meng-akali ( bahasa para tehknisi broo..) ialah dengan cara menempel saklar(switch original size detection) PS5 dengan memnggunakan lakban agar sirkit ini membaca semua ukuran jenis kertas yang kita taruh di atas kaca copyboard .

Selamat bekerja semoga masalah mesin copy anda cepat teratasi dan usaha Copy Center-nya sukses selalu