Image and video hosting by TinyPic

SISTEM KERJA DC POWER SUPPLY MESIN CANON COPIER

Senin, 03 Januari 2011 , Posted by Rahmat at 11.10

Sumber artikel : -http://rahmattehnik.blogspot.com/

Informasi yang ada di situs ini membantu anda mengatasi kerusakan error yang biasa terjadi pada mesin fotocopy canon. Artikel ini menjelaskan secara garis besar penyebab masalah dan cara mengatasi kerusakan error pada setiap mesin fotocopy canon .

Hallo rekan tehnik, lama rasanya om Matt tidak menukis artikel karena banyak kesibukan yang harus dikerjakan. Pernah rasanya ada rekan tehnik yang minta artikel tentang masalah DC POWER SUPPLY mesin canon sekaligus gambar skema diagramnya, om Matt minta maaf soalnya baru bisa nulis pada artikel kali ini. Dan semoga artikel ini bisa penuhi janji aku, nah sebelum membahas tentang sistem kerja DC POWER SUPPLY mesin canon sebaiknya tangan dilipat dulu dan mata mereemm .....he..he..he...(bercanda maaf deh).

Artikel ini bertujuan agar rekan tehnik yang biasa bergumul dengan mesin fotocopy canon, juga rekan tehnik lainnya dapat mengerti sistem kerja dari Power Supply pada mesin copier. Perlu rekan tehnik ketahui, pada dasarnya rangkaian Power Supply pada mesin copier berfungsi menyalurkan energi listrik untuk kebutuhan operasional mesin copier. Setiap mesin copier memiliki rangkaian Power Supply, yang mana setiap Power Supply yang ada pada mesin copier menghasilkan beberapa line output berupa arus tegangan searah DC untuk keperluan tiap-tiap unit sistem pada mesin .

Demikian halnya rangkaian Power supply pada mesin canon copier menyediakan delapan line output arus tegangan DC untuk keperluan tiap-tiap unit sistem yang ada pada mesin canon copier. Kedelapan line output tegangan DC tersebut diantaranya ; 38 VU, 24 VU, 24 VR, 24 VA2, 24 VH, 24VH1, 12 VU, dan 5 VR .
Tiap-tiap line output ini disalurkan kebeberapa sirkit unit sistem yang ada pada mesin canon copier guna kebutuhan operasional mesin.

Sistem kerja pada rangkaian Power Supply pada mesin copier sangat unik karena memiliki keterkaitan kerja antara satu blok sirkit dengan blok sirkot lainnya yang mana kesemua itu dikontrol oleh mikroprosesor yang ada pada DC controller PCB.

Oke rekan tehnik untuk lebih jelasnya kamu bisa baca sistem kerja rangkaian Power Supply pada artikel download, sekaligus dapat melihat wiring diagram DC Power Supply dan kerusakan yang biasa terjadi pada rangkaian ini .

Download artikel klik di sini DC POWER SUPPLY CANON COPIER

Currently have 6 komentar:

  1. yoriko blog says:

    bagaimana mas cara pengecekan dan perbaikan power supplay? terutama cara pengecekan tiap komponenya?

    mohon bimbingannya dan salam kompak,sukses slalu.

  1. Rahmat says:

    Maaf mas Yur komentarnya baru sempat dibalas, mengenai pengecekan Power Supply mesin fotocopy sama kalau kita mengecek perangkat elektronik lainnya dengan menggunakan AVOMETER dan mengenai ciri-ciri kerusakan Power Supply dapat baca pada artikel masalah power supply.
    Trims sudah mau mampir and salam kompak slalu .

  1. H. NaWiR says:

    mksih pak ats inponya.........sukses slu....

  1. mas aku lagi bljar tntng dc control dan power suply mesin fotokopi terutama merk canon baik seri NP maupun IR,,,mohon bimbingannya kalu boleh mw mnta skema rangkaiannya,dan klu gak kbrtan mnta dkirim k alamat email aku di ardhie_motorola@yahoo.com..trims bnyak ya mas..mohon bimbingannya

  1. Karya SitePu says:

    Salam kenal bos,
    Saya mengalami E0804-0000 pd ir 5000. Mohon bantuanya untuk menatasi masalah ini. Tanks

  1. Mas gmn cra downlod diagram monher board IR 5000 mas