Image and video hosting by TinyPic

PERAWATAN PC DAN LAPTOP 2

Sabtu, 05 Februari 2011 , Posted by Rahmat at 07.34

       PENGGUNAAN TOOL DISK DEFRAGMENTER WINDOWS

Sumber artikel : -http://rahmattehnik.blogspot.com/

Buat rekan tehnik yang baru memiliki komputer pc atau laptop dan ingin mengetahui salah satu cara menjaga kebugaran komputer kita boleh mengikuti tips singkat ini. Pada artikel yang lalu telah kita bahas pengunaan tool Disk Cleanup  bawaan Windows dan kali ini tips cara mengatur dan menata data dalam sistem agar selalu tersusun rapi.

Seperti halnya rak buku kita jika tersusun rapi maka akan memudahkan kita jika mencari buku yang kita inginkan, tapi bila rak buku acak-acakan susunannya duuh pusing melihatnya apalagi membacanya (seperti rak buku om Matt ..hehehe). Nah rekan tehnik kinerja komputer juga tergantung kerapian susunan data pada sistem dan untuk melakukan urusan penataan file serahkan saja pada Disk Defragmenter, salah satu tool bawaan windows .

Untuk mengaktifkan tool Disk Defragmenter windows dengan cara klik tombol Start--->All Program--->Accessories--->System Tool--->Disk Defragmenter, lihat gambar di bawah ini .


Oke rekan tehnik, untuk mengetahui perlu tidaknya penataan file dilakukan ialah dengan mengklik tombol Analyze, jika tampil dialog "You shoul defragment this volume" maka proses penataan file harus dilaksanakan.


Untuk melakukan eksekusi penataan file tinggal klik tombol Defragment maka proses penataan file segera dilakukan.



Perlu rekan tehnik ketahui bahwa proses penataan file akan berlangsung lama sesuai kapasitas drive yang akan kita tata. Lakukanlah penataan file secara berkala agar kinerja sistem komputer kita tetap stabil dan perlu diingat penataan file tidak hanya berlaku pada drive yang ada pada komputer pc atau laptop kita tapi juga bisa dilakukan pada removable disk seperti flash drive dan kartu memori yang terhubung pada komputer kita.


Selain mengunakan tool disk defragmenter bawaan windows kita juga bisa menggunakan software tambahan yang memiliki fungsi yang sama dengan kemampuan kerja yang lebih cepat dan efektif. Salah satu software ini
adalah Defrag Cerdas yang kita bisa unggah secara gratis dari alamatnya www.auslogics.com

Currently have 2 komentar:

  1. Unknown says:

    mas rahmat bisa request cara perbaikan powersuplay,dc mesin fotocopy tidak?
    yangir5570 dan cara reset counternya?