Image and video hosting by TinyPic

Masalah Tidak Ada Hasil Copy

Minggu, 04 April 2010 , Posted by Rahmat at 07.59


Hallo apa kabar rekan tehnik lama tak jumpa membuat aku rindu dengan masalah mesin fotocopy .
Lama tak suaa apa kabarnya niih sehat-sehat saja kan ? Ia dong walau mesin copy agak sedikit ngadat tak stamina kamu harus tetap terjaga biar tetap kuat menghadapi setiap tantangan ha..ha..ha.
Ok langsung aja yach , masalah yang akan kita bahas kali ini tentang bagaimana bila mesin fotocopy tak ada hasil., kertas yang keluar dari proses copy tetap putih tak ada hasilnya ? .
Mungkin kamu-kamu para pendekar fotocopy (maaf maksudnya para tehnisi fotocopy) , sudah sering menemukan masalah yang satu ini . Tapi tak apalah saya tulis pada artikel kali ini tetang bagaimana menghapi masalah tidak ada hasil copy , agar rekan-rekan yang lainnya juga bisa tahu dan melakukan pertolongan pertama pada mesin copy yang ditanganinya .

Mengatasi tidak ada hasil copy :
1. Periksa apakah exposure lamp aktif saat proses copy .
2. Periksa Charge Wire Corona Primer , Transfer/Separator Corona .
3. Periksa Developing Unit ;

  • Toner yang ada di Bak Developing .
  • Periksa kondisi Roll Magnet .
  • Cek kedudukan Developing Unit .
4. Koreksi putaran PC Drum dan kondisi PC Drum .


Nah rekan tehnik , apa yang aku paparkan di atas mengenai masalah penyebab tidak adanya hasil copy . Tetapi kamu harus lebih teliti lagi dalam memeriksanya , ingat pesanku masalah kecil saja kadang membuat geger 7 RT ha..ha..ha , jadi telitilah saat bekerja .Dan terkadang kertas yang lembab juga membuat tak ada hasil ,apalagi di musim hujan begini .

Ok rekan tehnik salam sukses selalu .




By : Rahmat .

Currently have 3 komentar:

  1. Unknown says:

    assalamualaikum bang rahmat,
    saya mohon bantuan...
    saya yopie di payakumbuh sumatera barat... saya baru di dunia photo kopie, saya pake ir5000
    sekarang sedang mengalami permasalahan hasil feeder tidak ada(BLANK), tp kalo melalui kaca hasil normal saja...
    gejala awak hasil kopian dari feeder seperti terbakar seperti mesin fotokopi lama ato wire ang putus, setelah itu tidak ada hasil kopian feeder yang terbaca....


    mohon bantuanya mas rahmat,
    terima kasih

  1. Edi Blog says:

    saya minta kepada agan2 yg udah posting dan kebetulan udah menemukan jawaban tolong dong di reply jawabanya biar bagi yg baru2 belajar juga bisa lbh cepat tau permasalahan2 nya. meski udah lama postingnya berhubung saya baru tau nih blog saya coba kasih pengalaman untuk yg diatas, coba cek magnet developing berputar atau tidak, tandanya kalo tidak berputar maka tinta tidak menempel di permukaan luar, kalo itu penyebabnya coba cek pengerak dibelkang biasa putus timing beltnya.

  1. Sin Saini says:

    salam kenal mas

    mas mohon solusinya, corona wire mesin fc canon np 6050 saya sering putus padahal baru 1 hari diservis dan diganti putus lagi, dalam 1 bln ini sudah ada 30 x ganti corona wire padahal baru dipakai beberapa kali lembar foto copy putus terus. kata teknisi yang servis gpp cmn putus saja. menurut mas penyebabnya apa ? terima kasih sebelumnya