Image and video hosting by TinyPic

Hasil Copian Terlalu Over Toner ( Berkabut )

Minggu, 18 April 2010 , Posted by Rahmat at 10.28

Nah kali ini om Matt akan mengajakmu bermandikan Toner / Tinta, maaf maksudnya mengajak para rekan tehnik untuk menganalisa kerukan yang satu ini , yaitu hasil copian berkabut (over toner ) .
Aku yakin kamu-kamu sudah sering menjumpai masalah ini dan aku yakin masalah ini kamu dapat selesaikan dengan tuntas-tas-tass..he..he..he. Tapi aku tulis lagi pada artikel ini agar rekan yang lainnya dapat ikutan tahu apa penyebab masalah ini , yach.. itung-itung bagi pengalaman ( setuju ? ) Oke .

 Penyebab Hasil Copi Terlalu Over Toner :

  1. Koreksi Scanner Unit .
  • Bersihkan Cermin-Cermin , Lensa , Lampu Exposure dan Plat Reflektor .
     2. Koreksi Cleaning Blade .
 
     3. Koreksi Developing Unit .
  •  Periksa Roll Magnet ( Bersihkan permukaannya dengan alkohol )
  •  Periksa Kontak Bias pada Roll Magnet .
  • Periksa Toner ( Tinta ) yang kamu gunakan .
  •  Adjust level toner ( setting toner ).
   4 . Koreksi PC Drum .
  • Gosok PC Drum dengan menggunakan brasso. 
  • Gunakan kapas yang halus .
  • Gosok dengan cara melingkar rata keseluruh permukaan Drum .
  • Gosok secara merata hingga permukaan Drum bersih dari sisa brasso .
  • Kemudian bersihkan sisa minyak brasso yang ada dipermukaan Drum dengan menggunakan bedak bubuk sampai kering .

 Dalam menangani setiap permasalahan mesin fotocopy kamu harus teliti apalagi saat membuka PC Drum , taruhlah di tempat yang aman agar terhindar dari masalah baru ( Drum lecet / tergores ) kan sayang harga PC Drum mahal hanya lantaran  kurang hati-hati akhirnya kamu rugi sendiri .Saat menggosok PC Drum gunakan wadah dudukan Drum atau kamu bisa menggunakan isolasi lakban sebagai dudukannya .
 Nah rekan tehnik ini sekedar tips dari aku semoga manfaat buat kamu-kamu dan adapun kekurangannya kamu harus lebih teliti lagi saat bekerja .

Salam kompak dan sukses selalu .


By : Rahmat .

Currently have 4 komentar:

  1. azmi2000 says:

    Ternyata kualitas hasil foto copy sangat berpengaruh dengan apa disebut dengan Om MAT di atas. selama ini saya bersihkan kaca, plat reflektor dan drum dengan sanpoly. Ternyata hasilnya lama-lama menjadi kabur. saya kira Toner yang saya gunakan tidak bagus. Sempat saya pusing 7 keliling. Rupanya rahasianya ada disana. Braso dan alkohol. Makasih om MAT

  1. Rahmat says:

    Makasih pak Azmi sudah mau mampir dan sedikit info mengenai kegunaan sanpoly untuk membersihkan cover mesin atau cover bahan plastik lainnya bukan untuk kaca/cermin dan untuk PC Drum.
    Salam kompak dan sukses slalu pak Azmi .

  1. terima kasih atas infonya.. mudah2an diberikan kelancara rizki.. Aamiin

  1. Sin Saini says:

    salam kenal

    mas saya mau tanya toko apa yang menjual active drum cleaner

    terima kasih sebelumnya